Filosofi Investasi Bolasalju

Menggelinding” adalah prinsip yang kami anut ketika pertama kali meluncurkan Bolasalju. Kami mempercayai prinsip ini dan menganutnya dalam desain, pengembangan, dan pengelolaan Bolasalju. Berbagai hal kami pilih dan lakukan untuk menjalankan prinsip-prinsip itu. Salah satu di antara yang paling penting adalah upaya kami menyediakan dua model portofolio riil Alpen dan Carstensz, serta mengukur kinerjanya secara terbuka dan jujur.

Kami percaya prinsip menggelinding secara holistik akan memberi dampak lebih banyak manfaat kepada pembaca dan pelanggan; di sisi lain, ia bisa menjaga kami.

Kali ini saya ingin berbagi kepada Anda prinsip filosofi investasi Bolasalju yang lengkap. Sebagai catatan, penyebutan Bolasalju, saya, dan kami, secara pribadi semuanya berarti sama sebagai individu pengelola Bolasalju.

Filosofi Investasi Bolasalju:

  • Investasi adalah Memiliki Perusahaan
  • Memiliki Perusahaan yang Bagus
  • Memilih Manajemen yang Berintegritas
  • Membeli Saham yang Nilainya Murah
  • Terbuka dan Terus Mengevaluasi
  • Batas Keamanan dan Kerendah-hatian
  • Horizon Jangka Panjang

Berikut ini penjelasan detailnya.

Investasi adalah Memiliki Perusahaan

Kami memegang prinsip bahwa setiap berinvestasi saham maka kita memiliki bagian dari sebuah perusahaan. Perusahaan adalah sesuatu yang konkret. Perusahaan bukan hanya kutipan kode empat huruf yang harganya berubah-ubah. Setiap perusahaan bisa dipelajari apa dan bagaimana mereka beroperasi dan menghasilkan laba. Setiap perusahaan juga bisa diketahui nilainya, dengan kalkulasi yang rasional. Maka setiap investor bisa menghitung dan menilai perusahaan yang sahamnya ingin dia miliki. Dengan mempercayai sudut pandang memiliki perusahaan, dari awal dan akhir, setiap investor akan fokus pada perusahaannya. Bukan harga sahamnya.

Memiliki Perusahaan yang Bagus

Kami hanya memilih perusahaan yang bagus. Perusahaan yang bagus mempunyai produk atau jasa superior, disukai konsumennya, punya keunggulan yang menghambat kompetitor untuk mengacaukan operasionalnya. Perusahaan yang bagus biasanya ditandai dengan profitabilitas bagus, struktur keuangan kuat, dan arus kas yang melimpah.

Memilih Manajemen yang Berintegritas

Kami hanya tertarik berinvestasi dalam perusahaan yang dikelola oleh manajemen berintegritas. Manajemen berintegritas artinya perusahaan dikelola secara jujur, terbuka, dan sungguh-sungguh bermanfaat untuk kepentingan pemegang saham (stakeholder) dan masyarakat.

Membeli Saham yang Nilainya Murah

Kami hanya akan membeli saham yang ditawarkan di harga lebih murah dibanding nilai intrinsik perusahaan itu. Nilai intrinsik artinya angka yang mewakili harta inti atau perolehan harta yang bisa diperoleh investor di masa depan dalam kondisi konservatif.

Terbuka dan Terus Mengevaluasi

Kami lebih memilih terbuka dan terus mengevaluasi diri dalam berpikir dan beroperasi, kami akan terus berusaha menjadi baik dan mengurangi kesalahan yang kami lakukan.

Batas Keamanan dan Kerendah-hatian

Operasi investasi selalu menghadapi ketidak pastian dan risiko. Maka kami harus mencari batas akan keamanan yang cukup. Batas akan keamanan bisa datang dari harga, waktu, industri, ekonomi, strategi investasi, dan kompetensi diri investor itu sendiri. Dengan beroperasi dalam koridor itu, maka selanjutnya investor harus selalu rendah hati dalam bersikap, karena semua itulah penyelamatnya.

Horizon Jangka Panjang

Horizon investasi kami adalah jangka panjang. Horizon jangka pendek—seperti sehari, seminggu, sebulan—menawarkan probabilitas kesuksesan lebih kecil. Probabilitas kesuksesan investasi jangka panjang akan makin bertambah jika investor hanya memiliki perusahaan yang bagus, dalam batas keamanan yang lebar, dan beroperasi secara hati-hati dan berintegritas.


Pengungkapan filosofi ini menggantikan versi sebelumnya yang kami bagikan di sini. Kami akan terus memperbaiki filosofi investasi.

Publikasi dan pemutakhiran terakhir: 15 September 2023