Zakat Saham Portofolio Bolasalju

Melalui postingan ini kami mengumumkan bahwa mulai tahun 2023 kami akan memberlakukan pembayaran zakat untuk Portofolio Bolasalju seperti: Alpen dan Carstensz.

Apa itu Zakat?

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang Islam apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan (nisab).

Sebagai pemeluk agama Islam dan pemilik Portofolio Bolasalju maka kami melaksanakannya dalam kegiatan investasi kami.

Batasan (Nisab) Pengenaan Zakat Investasi Saham

Mengutip Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS):

Zakat saham adalah zakat yang dilakukan atas kepemilikan saham atau surat bukti persero dalam suatu Perusahaan Terbatas (PT), sesuai dengan nilai dan jumlah lembar sahamnya. Zakat saham wajib ditunaikan jika total harga saham bersama dengan keuntungan investasi (Deviden) sudah mencapai nisab dan sudah mencapai haul.

Zakat saham adalah zakat yang dilakukan atas kepemilikan saham atau surat bukti persero dalam suatu Perusahaan Terbatas (PT), sesuai dengan nilai dan jumlah lembar sahamnya. Zakat saham wajib ditunaikan jika total harga saham bersama dengan keuntungan investasi (Deviden) sudah mencapai nisab dan sudah mencapai haul.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

Nisab adalah aturan agama Islam yang menetapkan batasan nominal harta yang dikenakan kewajiban zakat.

Batasan nisab zakat harta adalah setara harga 85 gram emas. Jika jumlah harta lebih dari harga 85 gram emas dan telah dimiliki lebih dari setahun atau haul, maka harta itu harus dikenakan zakat.

Kadar Zakat atau Persentase Zakat Saham

Berdasarkan ajaran agama Islam, kadar zakat atau persentase zakat harta adalah sebesar 2,5% atau satu per empat puluh dari harta yang masuk nisab dan sudah haul.

Baca juga: Zakat Saham

Zakat Portofolio Bolasalju Tahun 2022

Dalam perjalanan investasi dan keuangan pribadi, kami biasanya mengutip pengenaan zakat secara privat. Namun karena Portofolio Bolasalju bersifat terbuka, lebih afdol jika kami menceritakan pengenaannya.

Pengenaan zakat kami lakukan terpisah untuk setiap portofolio terbuka. Kami tidak menghitungnya secara global demi kemudahan dan kepraktisan pelaporan. Untuk portofolio investasi pribadi lainnya kami lakukan secara total global dan privat.

Portofolio Carstensz mempunyai total aset akhir tahun 2022 senilai Rp160.794.548, maka portofolio ini dikenakan zakat.

Kalkulasi zakat Portofolio Carstensz tahun 2022 sebagai berikut:

2,5% × Rp160.794.548 = Rp4.019.864

Pembayaran zakat tahun 2022 kami bayarkan pada Ramadan ini (2023/1444 H). Kami telah menyediakan kas yang mencukupi untuk pembayaran zakat dan akan kami tarik akhir bulan Maret 2023 ini.

Portofolio Alpen telah ada dalam rekening terpisah dan sudah didanai sebesar Rp10 juta pada akhir tahun 2022. Karena jumlah ini belum memenuhi batasan nisab, maka kewajiban zakatnya kami satukan dengan harta/investasi pribadi kami lainnya.

Pembayaran Zakat

Penyaluran zakat tidak akan kami umumkan dan ini merupakan privasi kami.

Untuk mempelajari definisi zakat, dasar ajaran agamanya, batasan/nisabnya, dan keterangan lebih rinci, silakan pelajari artikel kami: Zakat Saham.


Pemutakhiran: judul zakat kami ubah dari tahun 2023 menjadi tahun 2022 untuk mewakili tahun zakat tersebut.