Catatan Investasi Bolasalju, Juni 2023

Tak terasa separuh tahun 2023 telah terlewati. Dalam dunia investasi atau kehidupan nyata, ada banyak hal berubah.

Secara resmi pandemi Covid-19 telah dinyatakan berakhir. Resmi atau tidak tidak resmi, saya nyaris tidak percaya bahwa kita mengalami perjalanan sejarah yang tragis selama tiga tahun terakhir. Hidup bisa memberi pelajaran bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang bersedia mempelajarinya. Bersyukurlah kita bisa memulai lembaran baru.

Sebagai warga Indonesia, salah satu misteri penting saat ini adalah tentang siapa yang akan menjadi presiden Indonesia pasca era Presiden Jokowi. Situasi politik penting dipahami guna melihat arah ekonomi Indonesia ke depan. Politisi dan partai politik Indonesia tampaknya sedang menimbang dan menghitung kelebihan serta kekurangan masing-masing kandidat paling populer. PDI-P secara resmi sudah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presidennya. Prabowo Subianto dan Anies Baswedan juga muncul sebagai kandidat terkenal yang diusung oleh partai lainnya. Tampaknya kita masih harus bersabar untuk menunggu kejelasan ini hingga akhir tahun ini atau awal tahun depan. Waktu masih panjang. Kita nantikan saja.

Dengan situasi ekonomi yang menurut kami bisa dianggap stabil, pertanyaan besar bagi Indonesia selanjutnya adalah apakah pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo bisa dilanjutkan oleh penerusnya? Kita mungkin masih bisa berdebat soal apakah arti dilanjutkan. Tapi Indonesia masih perlu stabilitas dan keamanan. Kemapanan dan kedewasaan politik sangat diperlukan. Kita semua, baik eksekutif, legislatif, dan seluruh stakeholder bangsa ini, termasuk investor—harus berfikir jernih akan menjadi apakah negara kita setelah tahapan ini.

Dasar infrastruktur sudah mulai terbentuk jelas. Ekosistem dan pasar yang terdiri dari 260-an juta penduduk Indonesia merupakan katalis yang baik. Namun, tanpa kejelasan kebijakan dan arah pembangunan yang baik, Indonesia hanya akan menjadi pengekor dan sekadar konsumen dari produk dan jasa negara lain, baik berupa barang jadi atau teknologi.

Evaluasi Umum

Mulai tahun 2023 Bolasalju mengelola dua model portofolio riil yang bernama Carstensz dan Alpen. Keduanya bisa dipantau atau diverifikasi oleh pelanggan kami.

Selama enam bulan, Portofolio Carstensz memperoleh kinerja -5,74%; Portofolio Alpen memperoleh kinerja 6,17%; dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mewakili kinerja pasar saham pada umumnya memperoleh kinerja -2,76%. Dalam jangka pendek Carstensz masih kalah oleh IHSG. Performa Alpen yang unggul secara temporer datang karena kebijakan investasi terdiversifikasi yang menjadikannya bisa menyerap seluruh kinerja positif dan mengurangi efek kinerja negatif dari 10 emiten yang dikelolanya. Carstensz memperoleh kinerja kumulatif sebesar 14,16% vs IHSG sebesar 11,42% untuk periode 2,5 tahun dari 2021 hingga Juni 2023.

Kami tidak mengkhawatirkan kinerja temporer ini karena semuanya masih dalam batas-batas yang bisa dipahami. Mulai tahun ini kami menetapkan kebijakan zakat atas portofolio investasi kami, dimulai dari Portofolio Carstensz. Kami akan mengurangi 2,5% dari nilai portofolio setiap tahunnya untuk mengambil bagian yang kami keluarkan sebagai hak mereka yang membutuhkan.

Evaluasi Portofolio Carstensz

Kebijakan investasi Carstensz yang terkonsentrasi menjadikannya menyerap efek lebih besar saat saham-saham dengan porsi terbesar mengalami kinerja negatif. Pada akhir tahun 2022 dan Juni 2023, Carstensz mengelola hanya lima saham sebagai portofolio investasinya. Ada sedikit pergeseran konsentrasi antara dua saham terbesar. Sementara itu kami keluar dari sebuah posisi turn-around mengingat sifat ketidakpastiannya lebih besar dibanding optimisme yang ingin kami capai. Kami akhirnya mengganti dua saham dengan yang potensi dividennya yang besar.

Posisi terbesar portofolio Carstensz setara 48,87%; 23,20%; dan 12,22% dari porsi seluruh portofolio. Ini merupakan kebijakan investasi berani yang telah kami ambil sejak awal 2021. Dua perusahaan dengan porsi terbesar merupakan saham-saham yang sudah menghuni Portofolio Carstensz dari awal 2021. Portofolio Carstensz mengelola portofolio dalam industri keuangan, konsumen, dan komoditas. Kami tidak tahu arah ekonomi dan tidak berusaha menebak peta perjalanan investasi ke depan. Kami merasa nyaman dengan kebijakan investasi Carstensz hingga saat ini.

Evaluasi Portofolio Alpen

Portofolio ini kami desain sebagai edukasi model portofolio riil untuk investor umum. Kebijakan Alpen adalah terdiversifikasi. Komposisi Portofolio Alpen saat ini terdiri dari 10 saham. Karena parameter yang tidak bisa dikontrol seperti harga dan nominal lot (100 lembar), porsi saham-saham dalam Portofolio Alpen hingga Juni 2023 ini tersebar antara 3,21% hingga 13,93% dari total nilai portofolio per sahamnya. Seiring waktu, porsi-porsi ini akan menyebar mendekati rata hingga target diversifikasi terpenuhi. Portofolio Alpen terbentuk dari berbagai industri, mulai dari: keuangan, konsumen, infrastruktur, media, dan komoditas.

Setiap bulannya, Portofolio Alpen secara relatif mencatatkan performa yang stabil dan lebih unggul di atas IHSG. Saat IHSG menunjukkan performa positif, Alpen memperoleh hasil positif yang lebih besar. Jika IHSG turun, Alpen turun tidak lebih parah. Secara kumulatif Alpen juga menunjukkan kinerja total yang jauh lebih baik, Alpen saat ini memperoleh selisih +8,93% lebih baik dibanding IHSG.

Kami percaya kebijakan Portofolio Alpen sudah cukup konservatif dan terukur. Kami puas dengan desain dan perjalanan Portofolio Alpen, setidaknya selama enam bulan hingga Juni 2023 ini. Kami merasa seluruh alasan dan pertimbangkan saat rencana publikasi riset, desain portofolio, mengkonsep perjalanannya, dan melakukan transaksi Portofolio Alpen sudah di jalur yang baik. Portofolio Alpen adalah bagian dari edukasi dalam publikasi Saham Bolalsaju.

Namun, kami masih harus terus menguji dan belajar dari perjalanannya.

Penutup Evaluasi

Kegiatan dan kebijakan investasi bukan suatu ilmu pasti. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memulai, merencanakan, dan mengalami perjalanannya.

Suatu saat Anda bisa benar dan menikmatinya seketika. Anda juga bisa salah, dengan alasan apa pun, apakah kesalahan dari diri sendiri atau atas munculnya situasi di luar yang tidak bisa diantisipasi. Suatu saat Anda merasa benar dan masih harus menunggu agak lama. Suatu saat Anda merasa ragu akan berbagai hal: keraguan atas apa yang Anda putuskan sendiri, keraguan atas situasi di luar yang tiba-tiba muncul, dan keraguan itu bisa menggoyahkan segala keputusan rasional. Bahkan keraguan itu masih terus muncul tanpa ada suatu titik cerah.

Dunia investasi bisa sangat rewarding. Dunia investasi bisa memberi ketenangan dan kemerdekaan bagi pelakunya. Namun, dunia investasi bisa menghadirkan perjalanan yang keras dan tidak nyaman bagi mereka yang melakukannya. Titik kuncinya adalah mencari kenyamanan. Di dunia tidak ada yang berharga selain kenyamanan batin dan perjalanan hidup. Publikasi dan layanan kami berangkat atas keyakinan itu semua.

Tetaplah menjadi terbuka atas segala hal, selalu rendah hati, dan tetaplah bersyukur.

Semoga perjalanan investasi kita baik-baik saja.


Ringkasan Kinerja Juni 2023

Portofolio Bolasalju merupakan rekening investasi riil yang didanai dari dana pribadi pengelola. Melalui kedua model portofolio inilah kami berbagi edukasi tentang investasi dengan melihat risiko dan potensi investasi dari perjalanan kinerjanya: apakah naik, turun, rugi, atau untung.

Kinerja Portfolio Bolasalju 2023
Kinerja Portfolio Bolasalju Juni 2023

Disclaimer: Pelaporan ini dimaksudkan sebagai edukasi, bukan ajakan jual/beli saham. Setiap investor berbeda kondisi permodalan, psikologi, waktu, dan peluangnya.

Portofolio Carstensz

Portofolio Carstensz adalah model portofolio investasi riil yang didanai sebesar Rp132,7 juta dari dana pribadi pengelola Bolasalju, tidak ditambah, dan telah dimulai sejak Januari 2021.

Portofolio ini didesain sebagai edukasi model portofolio riil bagi investor serius yang ingin mengejar performa lebih besar dan siap dengan risiko fluktuasi yang lebih tajam.

Portofolio ini dipantau secara independen oleh member Klub Bolasalju yang aktif.

Kinerja Portfolio Carstensz 2023
Kinerja Portfolio Carstensz Juni 2023

Portofolio Carstensz (sebelumnya bernama Portofolio Bolasalju) mempunyai tujuan menghasilkan perolehan di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu kami akan berinvestasi dalam perusahaan dengan keunggulan kompetitif dan/atau harganya punya batas aman dibanding nilai intrinsik jangka panjangnya.


Portofolio Alpen

Portofolio Alpen adalah model portofolio investasi riil yang didanai dengan dana awal sebesar Rp10 juta dari dana pribadi pengelola Bolasalju, akan ditambahkan sebesar Rp1 juta per bulan hingga total aset mencapai Rp100 juta.

Portofolio ini didesain sebagai edukasi model portofolio riil untuk investor umum, karyawan, atau mereka yang sibuk agar bisa menemukan strategi investasi yang tepat bagi mereka sendiri.

Portofolio ini dipantau secara independen oleh pelanggan publikasi Saham Bolasalju.

Kinerja Portfolio Alpen Juni 2023
Kinerja Portfolio Alpen Juni 2023

Portofolio Alpen mempunyai tujuan menghasilkan perolehan positif sedikit di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu kami akan berinvestasi dalam perusahaan besar, berisiko rendah, pertumbuhan usaha stabil hingga tinggi, dengan harga yang masuk akal.


Anda tunduk pada Disclaimer.